Pendidikan Guru Sekolah Dasar

01 December 2017
  1.  RIWAYAT PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN  GURU SEKOLAH DASAR

Perubahan globalisasi yang terjadi di bidangilmu pengetahuan dan teknologi menuntut tingginya tuntutan pelayanan kepada masyarakat secara professional sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki oleh setiap pemberi jasa pelayanan. Salah satu tuntutan adalah bagaimana memberikan pelayanan yang berkualitas dan profesional serta  memenuhi standar mutu yang dapat menjamin tuntutan  masyarakat. Proses penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional di bidang pendidikan  salah satunya cara yang harus dilakukan.

Program Pendidikan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Suar Bangli  merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berada di tengah tengah Pulau Bali, sebelah utara Kabupaten Singaraja, sebelah timur Kabupaten Karangasem, sebelah selatan Kabupaten Gianyar dan sebelah barat Kabupaten Badung. STKIP Suar Bangli mempunyai tanggung jawab di dalam penyiapan sumber daya manusia di bidang Kependidikan yang akan menghasilkan seorang tenaga pendidik professional yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang mampu memberikan pendidikan kepada masyarakat secara profesonal.

Pencapaian tanggung jawab tersebut tentunya memerlukan,sarana, prasarana, sumber daya manusia, dan fasilitas yang memadai selain kurikulum yang merupakan salah satu standar yang merupakan perwujudan dari visi dan misi sesuai dengan standar  yang ditetapkan bahwa untuk mencapai kompetensi utama pendidikan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah menempuh 150 SKS.

 

  1. DESKRIPSI SWOT SETIAP KOMPONEN
  1. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Suar Bangli

1. Visi Program Studi

Menjadi program studi yang siap mencetak calon guru sekolah dasar yang cerdas dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional tahun 2025.

2.  Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pendidikan dasar yang berorientasi pada kemandirian mahasiswa dalam mengembangkan potensinya.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk meningkatkan penguasaan dasar-dasar penelitian dan keterampilan di bidang pendidikan dasar.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berbentuk penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dasar.
  4. Mengembangkan keterampilan hidup untuk mempersiapkan mahasiswa  menghadapi tuntutan dan tantangan dunia kerja.

 

3. Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial.
  2. Melahirkan karya-karya penelitian yang menggambarkan pemahaman terhadap dasar-dasar/prinsip-prinsip ilmiah sebagai landasan untuk memecahkan masalah di bidang pendidikan dasar.
  3. Mendiseminasikan hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian di bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar kepada masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan hidup khususnya yang terkait dengan dunia kerja.

4. Sasaran Program studi

  1. Terselenggaranya Tridarma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masayarakat secara baik.
  2. Terselenggaranya sistem administrasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pendidikan tinggi.
  3. Terwujudnya pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membantu masyarakat untuk memecahkan masalah pendidikan dasar dalam meningkatkan mutu kerja dan pendapatan masyarakat.
  4. Terciptanya lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan guru sekolah dasar, berkemampuan daya saing yang tinggi, memiliki fungsi dan nilai tambah yang dilandasi nilai-nilai luhur agama dan kemanusiaan, mampu melaksanakan analisis diri dari berbagai pendekatan disiplin ilmu, metodologi yang bersifat kualitatif dan kuantitatif, research and development  terhadap pembelajaran Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan mampu mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran dalam suatu tatanan sistem.
  5. Menghasilkan lulusan sarjana Strata S-1 yang ditempuh selama delapan (8) semester dan selambat-lambatnya empat belas (14) semester untuk setiap angkatan yang diluluskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol nol).