Sejarah STKIP Suar Bangli

02 December 2017

SEJARAH BERDIRI STKIP SUAR BANGLI

Dalam proses pembangunan suatu bangsa, pendidikan diyakini menjadi komponen strategis dan mendasar untuk mendukung dan mendorong segala upaya pembangunan   sektor   lainnya.   Pendidikan   dapat   mempengaruhi   secara   penuh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Bukan saja berpengaruh pada produktivitas, tetapi berpengaruh juga fertilitas masyarakat. Karena pendidikan disamping berpengaruh pada produktivitas juga menjadi sumber daya akseleratif dan siap dalam menghadapi perubahan sosial. Oleh karena itu suatu daerah yang berpenduduk dengan tingkat pendidikan yang tinggi akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat. Dengan melihat filosofis tentang pentingnya pendidikan dikaitkan dengan UU No.32 tahun 2002 tentang otonomi daerah, dan Undang- Undang  No.  14  tahun  2005  tentang  Guru  dan  Dosen,  dimana  salah  satunya disebutkan bahwa tenaga guru minimal berpendidikan S1 dan Dosen minimal S2, dari sinilah membuka kesadaran kami selaku masyarakat Bangli untuk dapat memacu pendidikan lebih tinggi lagi, ingin maju seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia khususnya di Bangli, apa lagi sampai saat ini belum ada satupun Perguruan Tinggi yang berada di bawah naunagan Departemen Pendidikan Nasional baik Negeri maupun Swsata.

Memperhatikan kondisi wilayah Kabupaten Bangli secara geografis, demografis,  ekonomis  dan  sosial  budaya, maka kami selaku pemrakarsa sebagai bagian langsung masyarakat Kabupaten Bangli mencoba untuk melakukan studi kelayakan untuk berdirinya sebuah perguruan tinggi swasta. Dari hasil kajian tersebut maka pendirian perguruan tinggi bukan hanya dimungkinkan, tetapi memang sangat diperlukan oleh masyarakat Kabupaten Bangli. Kebutuhan itu bukan saja untuk menyiapkan tenaga kerja yang terdidik, tetapi juga untuk membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan tenaga pendidik yang sudah ada baik mereka yang ada di suasta maupun pemerinah. Dari latar belakang inilah baik sebagai warga masyarakat Bangli maupun sebagai Ketua Yayasan “Kresna Andhi Mandiri” Saya Drs.  I  Wayan  Soklat  Arsana,MM.MAP     berupaya  keras  untuk  mewujudkan Perguruan   Tinggi   Swasta   di   Bangli,   sebagai   perwujudan/dukungan   kepada Pemerintah Daerah dimana salah satu Misinya adalah Mencerdaskan kehidupan masyarakat, meningkatkan derajat melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan serta menjadikan Bangli sebagai Kota Pendidikan dan Kesehaan,   maka kami usulkanlah sebuah perguruan tinggi yang kami beri nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SUAR Bangli yang bernaung di bawah Yayasan “Kresna Andhi Mandiri” Bangli dengan dua program studi antara lain Pendidikan Bahasa  dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris, denganSurat Nomor : 057/YKA/STKIP/07/2008 tanggal 07 Juli 2008,   Kenapa kami beri nama STKIP. SUAR ?   SUAR kami artikan sebagai LAMPU,   kami berharap dengan lahirnya Perguruan Tinggi bernama STKIP. Suar ini akan memberikan cahaya, penerangan kepada masyarakat Bangli dalam rangka merealisasikan hajat besar dan mulia masyarakat Bangli untuk meningkatkan harkat dan martabatnya melalui upaya peningkatan pendidikan.

Berkat Anugrah Ida Sang Hyang Widi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa serta bantuan  baik  moril maupun materiil dari semua pihak, maka lahirlah Perguruan Tinggi Swasta Pertama Di Bangli dengan nama : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SUAR Bangli yang bernaung di bawah Yayasan “Kresna Andhi Mandiri” Bangli, dengan Surat Keputusan Dirjen. Dikti. Kementrian Pendidikan Nasional Nomor : 88/D/O/2009, tanggal : 22 Juni 2009.